Scolari: Piala Konfederasi Tes Bagus bagi Brasil

Scolari baru saja ditunjuk sebagai pelatih Brasil, Kamis lalu.

Senin, 3 Desember 2012, 15:26 WIB
Edwan Ruriansyah
Luiz Felipe Scolari

VIVAbola - Pelatih anyar Brasil, Luiz Felipe Scolari akan menjadikan Piala Konfederasi 2013 sebagai tes awal pasukannya sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Sebagai langkah awal, Scolari akan coba mengurangi kesalahan yang dilakukan Selecao selama ini.

Undian Piala Konfederasi yang diumumkan Sabtu 1 Desember 2012 menempatkan Brasil segrup bersama Italia (runner up Eropa), Meksiko (juara CONCACAF) dan Jepang (juara Asia) di Grup A. Sedangkan juara Piala Dunia, Spanyol berada di Grup B bersama Uruguay (juara Amerika Selatan), Tahiti (juara Oceania) dan juara Afrika.

Scolari baru saja ditunjuk Federasi Sepakbola Brasil (CBF), Kamis lalu, untuk menggantikan Mano Menezes yang lebih dahulu dipecat beberapa waktu lalu, menunjuk Piala Konfederasi sebagai ajang tepat bagi Tim Selecao. Terutama untuk mengevaluasi kelemahan timnya selama ini.

"Hasil undian sangat menarik, karena kami berada di grup di mana kemampuan tim seimbang. Ini kesempatan bagus bagi kami untuk melihat potensi semua pemain," kata Scolari yang membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002 kepada SporTV.

Pelatih 64 tahun ini juga tak terlalu peduli negara yang akan menjadi lawan Brasil di laga pertama. Sebagai juara bertahan Piala Konfederasi, target Tim Samba tak lain mempertahankan apa yang telah diraih. 

"Kami tetap tak mengubah ambisi dan target. Untuk itu, sebisa mungkin kami harus meminimalkan kesalahan saat melawan ketiga tim itu."

Hal serupa dilontarkan Asisten Teknik Timnas Brasil, Carlos Alberto Parreira. Menurut pria yang membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 1994 ini, Scolari harus menggunakan event ini sebagai ajang eksperimen.

"Grup ini tak memberikan kesempatan bagi kami untuk melakukan kesalahan sekecil apapun. Sangat penting bagi tim kami untuk melakukan tes kualitas saat melawan Italia, Meksiko dan Jepang. Piala Konfederasi seperti akan menjadi tes di laboratorium."

Piala Konfederasi akan digelar pada 15-30 Juni 2013 di enam kota di Brasil. Seperti biasa, event ini digelar setahun sebelum Piala Dunia sekaligus menjadi pemanasan bagi tuan rumah. (ibk)

Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.