Jersey "Gol Tangan Tuhan" Maradona Lawan Jersey "Gol Spektakuler" Ibra

Jersey Ibra saat mencetak gol spektakuler dihargai Rp458 juta.

Sabtu, 17 November 2012, 00:01 WIB
Toto Pribadi
"Gol Tangan Tuhan" Diego Maradona (biru)

VIVAbola - Gol spektakuler Zlatan Ibrahimovic ke gawang Inggris tak hanya mengangkat pamor striker timnas Swedia itu. Selain sepatu yang digunakan Ibra, harga jersey yang dikenakan striker PSG ini juga melambung tinggi.

Dan striker Manchester United, Danny Welbeck yang beruntung mendapatkan jersey Ibra. Dilansir The Sun, jersey bersejarah milik Ibra itu kini dihargai 30 ribu poundsterling atau senilai lebih dari Rp458 juta.

Meroketnya harga jersey striker Paris Saint-Germain ini diungkapkan Tom Rollett dari Exclusive Memorabilia. "Welbeck duduk di atas keberuntungan kecil," kata Tom Rollett.

"Sebuah kaos mendapat perhatian besar dari beberapa kolektor karena gol spektakuler orang yang memakainya. Faktanya, gol itu tercipta saat melawan Inggris dan di stadion baru."

"Jika dilelang sekarang saat orang masih membicarakannya, harga tertingginya dapat mencapai 30 ribu poundsterling," lanjut Rollett.

Namun, jersey Ibra yang dimiliki Welbeck itu ternyata masih kalah mahal dari jersey "Gol Tangan Tuhan" milik Diego Maradona. Jersey Maradona saat membawa Argentina mengalahkan Inggris di Piala Dunia 1986 dihargai 300 ribu poundsterling atau 10 kali lipat dari harga jersey Ibra.

Harga tinggi jersey Maradona yang hampir mencapai Rp4,6 miliar itu dimiliki mantan pemain Tottenham Hotspur dan Aston Villa, Steve Hodge dan dipajang di National Football Meseum di Manchester. Hodge mengaku pernah mendapat tawaran senilai 300 ribu poundsterling untuk melepas kaos Si Boncel.

"Saya tak yakin kaos Ibrahimovic akan menyamai harga kaos Maradona," kata Hodge yang mendapat kehormatan bertukar jersey dengan Si Boncel di akhir pertandingan saat itu.

"Ya, dia (Ibra) mencetak sebuah gol brilian, dia mencetak empat gol melawan Inggris. Tapi, kaos Maradona lebih banyak menyimpan sejarah di dalamnya."

"Itu karena ada yang menghujat handballnya. Kemudian fakta bahwa ia (Maradona) mengalahkan tujuh pemain untuk mencetak gol kedua, plus itu pertandingan di perempatfinal Piala Dunia," lanjut Hodge.

Sebelumnya, sepatu yang dipakai Ibra disumbangkan untuk amal. Ibra menyerahkan sepatunya kepada Jonas Olsson yang kemudian menggunakan sepatu itu untuk menarik donasi dari masyarakat. Olsson yang juga rekan Ibra di timnas Swedia, saat ini aktif menggalang sumbangan bagi yayasan perawatan bayi prematur. (one)

Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.